Membuat Distressed Jeans Ternyata Susah

Membuat distressed jeans ternyata susah. Kemarin saya nyoba bikin jeans-jeans yang sudah membosankan bentuknya jadi distressed. Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah :
Celana jeans.
Kapur jahit
Gunting
Cutter/silet
Pinset
Sand paper alias kertas gosok
Masker
 
 
 
 
 
Pertama yang kita lakukan adalah kita pakai jeans yang ingin kita jadikan distressed dan tandai bagian mana yang ingin di-distressed-kan. Pengalaman saya, kemarin saya langsung asal gosok pakai kertas gosok dan pas udah bolong, Saya pakai dan ternyata ga pas didengkul. Hadeuhhhh. Jadi pakai dulu celana/hotpants yang ingin diubah penampilannya. Kemudian tandai pakai kapur jahit.Oh iya periksa juga serat kainnya yah. karena kemarin ada yang horizontal dan ada yang vertical.

Kedua, mulai menggosok dengan kertas gosok. Nah kemarin saya terlalu bersemangat dan akhirnya bolong. Padahal yang saya inginkan adalah masih ada serat benang yang tersisa dan bisa menutupi kulit. Jadi menggosoknya jangan terlalu bersemangat.  Oh iya jangan lupa pake masker karena debu yang dihasilkan dari gosokan kainnya bisa bikin sesak. Kemarin saya ga pakai masker dan akhirnya bersin-bersin dan pilek. Huhhhh.

Ketiga, setelah agak tipis mulailah dilubangi dengan silet pelan-pelan. Setelah lubang sedikit barulah memakai pinset kita ambil satu persatu benang yang vertical. Ini juga harus pelan-pelan.

Keempat, jangan menyerah dan siap-siap gagal (seperti saya hehehehe). Jadi usahakan jangan langsung memakai celana yang mahal dan bagus. Pertama-tama coba dicelana pendek jeans yang biasa dipakai gegoleran alias leyeh-leyeh dirumah. Biar ga nyesel-nyesel banget pas ternyata ga berhasil. Kalau sudah sesuai dengan hasil yang diinginkan, baru capcus pakai celana yang ingin kita bikin distressed.

Selamat mencoba.

Comments

Popular Posts