College Guide, Tips untuk Mahasiswa Baru : Kuliahhhhhh..

Pertama yang dibutuhkan adalah kita kenal area perang kita. Hahaha. Ketika kita tahu areanya, kita akan menguasainya dengan lebih mudah. Maksudnya kita kenali dulu area kampus. Kenali tempat-tempat di kampus seperti dimana perpustakaan, dimana kantor rektorat, dimana ruangan kuliah, dimana kantinnya, dimana toilet, dimana kantor kemahasiswaan, dimana ruang dosen dan lain-lain.

Salah satu cara mengenali lokasi dan area ini selain secara pribadi keliling kampus adalah dengan ikut ospek. Jangan takut dulu denger kata ospek. Karena ospek sekarang tidak seseram ospek jaman dulu. Ospek sekarang lebih humanis. Dengan pendekatan yang lebih longgar, lebih mudah dan lebih menyenangkan.

Awalnya mungkin kita akan terserang culture shock. Hehehe. Dari yang biasa bangun pagi-pagi. Berangkat ke sekolah. pulang siang hari. Istirahat sesuai yang ditentukan. Menjadi anak kuliahan yang jamnya bisa menyesuaikan bahkan ada yang bisa memilih sendiri. Duluuuu saat semester pertama, saya selalu berpikiran bahwa kuliah di design membuat kita menjadi malas. Karena saat sekolah semua diatur dan ditarget dan padat menjadi longgar dan lenggang. Saya sempat bingung dengan waktu yang banyak tersisa dan mau dipakai apa waktu yang begitu longgar ini. Tips dari saya : jangan lenggah! Pada awalnya kegiatan kuliah akan diisi dengan pengaturan penilaian untuk tiap mata kuliah dan aturan-aturan lain. Jangan sampai bolos yah atau terlewat karena ga konsen.

Yang berbeda adalah sistem nilainya. Kalau di SMU kita biasa dengan nilai 0-10. Kalau di perkuliahan penilaiannya dari A sampai E yang nanti distandardisasi ke angka antara 0-4 lalu diakumulasikan. Banyaklah perbedaannya. Mulai dari apa itu SKS (Sistem Kredit Semester), KRS (Kartu Rencana Studi), IPK (Indeks Prestasi Kumulatif), KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) sampai NIM (Nomer Induk Mahasiswa). Saya rasa semua informasi mengenai perkuliahan akan dibahas tuntas di buku panduan yang disediakan oleh setiap fakultas. Buku panduan itu berisi hal-hal di atas tadi. Mengenai grading system, skripsi, SKS dan lain-lain. Jadi buku panduan ini PENTING untuk dibaca. Oh iya bagian penting lainnya dari buku panduan ini adalah berisi mata kuliah yang disediakan entah mata kuliah wajib atau mata kuliah pilihan serta jumlah SKS nya. Kalau tidak salah buku panduan ini akan dikasih saat ospek atau saat pendataan ospek (sebelum ospek). Tergantung universitasnya juga sih, jadi kalau kebetulan belum dapat, bisa ditanyakan ke bagian akademik atau kemahasiswaan.

Mading adalah salah satu pusat informasi di kampus. Hampir semua pengumuman akan ditempel di mading. Jadi terus update info lewat mading. Terkadang dosen melakukan pembatalan kuliah atau penggantian jam kuliah lewat madding, jadi baca mading menjadi hal penting yang tidak boleh dilewatkan.

Selanjutnya adalah masalah cara kita berpenampilan. Memang sih selama kuliah tidak ada aturan memakai seragam. Hanya saja ada beberapa aturan yakni bebas tapi sopan. Batasan sopan sekarang ini bahkan agak sedikit bergeser dan memiliki ukuran yang berbeda-beda bagi setiap orang. Kalau tips dari saya adalah jangan gunakan baju yang kamu pakai ke mall untuk ke kampus. Ketika kamu ke mall memakai tshirt tanpa kerah, saya rasa ada baiknya tidak memakai kaos itu ke kampus apalagi untuk kuliah. Saya mungkin termasuk orang yang konvensional untuk masalah ini. Kalau untuk mewarnai rambut dan memakai make up, tetap akan menjadi kebebasan masing-masing individu sih. Mau diwarnai blondie juga boleh. Hehehe.

Mata kuliah yang didapatkan di kelas biasanya diberikan dalam bentuk slide power point atau materi fotokopian gitu. Oh iya jangan biasakan duduk di belakang yah pada saat kuliah, supaya ga cepet ngantuk dan selalu berkonsentrasi. Jangan berhenti dengan apa yang diberikan oleh dosen. Gali lebih dalam tentang materi tersebut dengan cara lain, misalnya diskusi dengan dosen, beli buku, dll. Saran saya : Go to the library! Ini penting karena perpustakaan adalah gudangnya ilmu. Hahaha. Serius. Ga perlu jadi kutu buku untuk ke perpustakaan. Dan sering-sering ke perpustakaan juga bukan berarti jadi nerd. Kalau orang bilang, ilmu bisa didapat dimana saja, memang itu betul. Tapi saya rasa yang menjadi gudang ilmu tetaplah di perpustakaan. Kalau kebetulan kuliah yang jeda beberapa jam ke mata kuliah selanjutnya mendingan pergi ke perpustakaan. Kamu bisa mencari literature yang kamu inginkan dan berhubungan dengan kuliah kamu atau buku-buku lain yang luar biasa menarik. Believe me! Kamu bisa nemu macem-macemlah. Buku memasak, buku interior design atau novel berbahasa inggris hasil dari kerja sama dengan universitas di luar negeri atau Negara tertentu. Oh iya jangan lupa untuk melakukan registrasi setiap semester yah.

Siapkan agenda. Must have item buat anak kuliah nih. Karena kita bakal butuh untuk mencatat jadwal kuliah, ruangan serta jumlah SKS mata kuliah dan segala perubahannya, Jadwal kuis, deadline tugas, dan lain-lain.


Be polite!!!! hal ini penting banget. karena perkuliahan tidak sama dengan di SMA yang batasan umur antara guru dan murid biasanya cukup jauh dan cara mengajar yang masih menekankan batasan antara guru dan murid. Ketika kuliah, kita bisa memanggil dosen kita dengan panggilan Mbak atau Mas. Jadi meskipun gap usia yang tidak jauh, tidak menjadikan kita lupa akan sopan santun. Yang paling sering kita lupa adalah pada saat mengirim sms atau menelpon karena suatu keperluan. Jadi lakukanlah dengan sesopan mungkin. kalau berpas-pasan di koridor, lebih baik menyapa. Biarpun mereka seperti kakak tapi Mereka tetaplah dosen kita.

Simpan semua dokumen penting seperti kuitansi pembayaran, formulir, KRS, KHS, pokoknya berkas apapun yang berhubungan dengan kuliah. Siapkan file holder atau bantex atau map khusus lah. Biar kalau sewaktu-waktu butuh, kamu ga bingung nyari dimana.

Ikut UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Ini jadi wadah mahasiswa yang memiliki minat tertentu. Mirip kayak ekskul sewaktu di SMA. UKM ini lebih beragam jenisnya dan sangat bermanfaat untuk mahasiswa karena lewat UKM kita memungkinkan untuk kenal dengan mahasiswa dari jurusan lain bahkan fakultas lain. Selain itu ikut juga berbagai macam kegiatan seminar yang diadakan di kampus. Pokoknya, sibukkan diri selama menjadi mahasiswa. Manfaatkanlah fasilitas kampus untuk menjadi mahasiswa yang benar-benar berkualitas. Jangan sampai empat tahun perkuliahan tidak memperbaiki aspek yang ada dalam diri kita sebagai penunjang terbentuknya manusia yang dewasa dan seutuhnya.

Jangan lupa bawa air minum, permen, dan mukenah yah. terkadang jeda jam kuliah yang sempat membuat kita ga sempat pulang ke kos atau ke masjid. Jadi harus sholat di musholla yang disediakan dan terkadang mukenah yang disediakan kurang memadai.

Semoga tips yang saya tulis bermanfaat dan Insya Allah sudah merangkum semua hal yang penting-penting. 

Comments

Popular Posts