One night two days 1N2D

Variety show favorit saya adalah 1N2D dari Korea. Variety show ini adalah tentang bagaimana sebuah acara mengeksplorasi keindahan dan kekayaan budaya yang ada di Korea. Cara mengeksplornya tidak seperti acara jalan-jalan yang membosankan (Maaf, seperti yang ada di acara tivi di Indonesia). Mereka menghabiskan dua hari satu malam untuk menunjukkan bahwa banyak sekali wilayah, pulau, makanan, peninggalan sejarah yang belum begitu dikenal.
Acara ini memiliki beberapa member yang datang dan pergi. Ada beberapa yang masih saya ingat yaitu Kim C, MC Mong, Kang Hodong, Lee Seunggi, Lee Sugeun, Eun Jiwon, Kim Jongmin dan Uhm Taewong. Karena ada member yang tidak melanjutkan ke season 2, jadi muncullah tambahan member lagi yaitu Joo Woon, Cha Taehyun, dan lainnya. Member favorit saya adalah Lee Sugeun dan Kim Jongmin. Bahkan kalau tidak ada dua orang itu, season dua mungkin akan terasa sangat membosankan. Mereka berdua boleh dibilang sebagai ‘penyelamat’ acara 1N2D. Acara ini menurut saya acara yang sangat kreatif dan menarik. Sebuah acara jalan-jalan dikemas dengan cara yang berbeda. Tidak dengan menunjukkan ‘Pemirsa ini adalah peninggalan arca dan warga disini bla bla bla bla’. Acara ini seru dan menarik karena dibarengi dengan games dan tantangan-tantangan lain. Tidak menggurui dan tidak membosankan. Tidak hanya cebur-ceburan dan mandi di pantai. Mereka menunjukkan keindahannya dengan ekspresi penghargaan akan keindahan alam yang luar biasa dan peninggalan sejarah yang sangat berharga. Bagaimana yah menjelaskannya? Mereka itu menunjukkan ketulusan akan penghargaan dan kecintaan mereka pada Negara. Aduh! Kok jadi berat! Tapi begitulah menurut saya. Saya selalu berandai-andai, bagaimana kalau ada acara seperti 1N2D di Indonesia. Atau bagaimana kalau Na PD diculik dan disuruh bikin acara serupa di Indonesia. Saya yakin saya akan sangat setuju. Dan pasti bisa sampai beribu-ribu episode. Indonesia sangat kaya dengan budaya dan keragaman yang takkan habis digali. Ahhhh andai saja. Misalnya nih ada acara 1N2D, saya juga tidak yakin akan ada selebritis yang bisa diajak ‘susah’ dan ‘down to earth’ seperti member 1N2D. Member 1N2D itu seperti siap kerja rodi untuk memberikan tawa lewat tayangan mereka dan itu yang membuat masyarakat Korea menyukai acara ini. Yang saya tahu artis di Indonesia itu, banyak memiliki phobia entah tinggi, air atau yang lainnya sehingga tidak cocok dengan konsep 1N2D. tapi saya tetap berharap konsep acara itu bisa diadaptasi dan bisa menginspirasi para produser di luar sana asal jangan menjiplak saja.

Comments

Popular Posts