Happy February : ‘Menyembuhkan’ Selang Printer Yang Masuk Angin

Ternyata yang masuk angin bukan Cuma manusia. Hehhe. Langsung ajalah gak perlu basa-basi. Yang diperlukan untuk mengatasi masuk angin pada selang printer adalah : Tissue yang banyaaaak, Kertas yang udah ga dipake, suntikan sesuai dengan warna selang yang masuk angin, dan tinta sesuai yang dibutuhkan.

Gejala selang masuk angin seperti yang saya alami adalah printer tidak bisa digunakan untuk mencetak warna tertentu padahal tinta masih penuh dan aliran tinta tidak lancar alias tinta putus-putus. Oh iya jangan sekali-kali mengangkat botol infus tinta dan berusaha mengalirkan tinta yang putus-putus itu. karena tinta yang tidak masuk angin pasti akan merembes ke cartridge yang ada didalam printer.

Setelah peralatan sudah disediakan. Letakkan printer ditempat yang tidak susah dijangkau, biar kegiatan kita tidak terganggu.


Pertama-tama, lepaskan cartridge dari printer. Karena kemarin saya ga tahu cara ngebuka wadah yang digunakan sebagai tempat catridge, maka saya harus ngublek-ngublek laci nyari buku panduan printer. Kalau kamu juga seperti saya, silahkan dicari dulu buku panduan printer anda. Dipahami. Barulah mencoba membuka tempat catridge. Hehehe. 


Kedua, lepas selang yang menancap pada cartridge yang sedang masuk angin. Cabut pelan-pelan. Siapkan suntikan kosong sebelumnya dalam keadaan kosong dan penutup jarumnya sudah dibuka. Karena kemarin saya ga mempersiapkan itu, jadi bingung sendiri ngebuka selang plus nyari suntikan. Hahahha. Babo! Setelah selang dicabut sedot udara yang ada diselang dengan suntikan tersebut.

Ketiga, sekarang isi suntikan dengan warna yang selangnya masuk angin. Dan isi cartridge dengan tinta sampai penuh. Jangan sampai isinya meluber yah.


Keempat, buka karet penutup dari botol infuse. Kan ada dua tuh, kemarin saya buka dua-duanya. Hasilnya tinta langsung mengalir lewat selang dengan cepat. Jadi pada tahap ini usahakan mengembalikan ujung selang yang tadi menancap pada cartridge tepat pada saat tinta sudah memenuhi seluruh selang. Belepotan dikit gak papa lah. Hehehe. Demi kesembuhan printer.

Kelima, silahkan tutup kembali salah satu karet penutup infuse dan kembalikan semuanya seperti sedia kala. Hehehehe. Lalu lakukan deep cleaning 1-2 kali.



Kalau belum sembuh, silahkan ulangi lagi. Kalau masih masuk angin juga, bawa ke dokter printer alias tukang service printer. Selamat mencoba!

Thanks for reading!

Comments

Popular Posts