Gift Guide : Birthday Present

Tips cara memilih kado ulangtahun untuk teman atau orang terdekat kita. Memilih kado ulangtahun itu gampang-gampang susah. Sebenarnya kalau kata orang, sahabat tahu segalanya dan mempermudah kita ngasih kado. Justru itu jadi susah, karena kita tahu segalanya dan bingung memilih kado yang akan diberikan dari sekian banyak list yang ada. Ada beberapa hal yang saya jadikan pertimbangan ketika akan memilih kado ulangtahun, yaitu :

Pastikan budget yang disediakan untuk kado. Ini penting sebagai batasan mana yang boleh dibeli dan tidak boleh dibeli. Budget juga tergantung masing-masing personal sekaligus juga tergantung orang yang akan kita beri kado. Hehehehe. Tentunya berbeda budget kado untuk teman dan kado untuk pacar kan? Iya gak? Jadi penting untuk menentukan berapa besar budget kita sebelum kita pergi ke mall dan belanja out of control. Tapi pastikan bahwa kamu tidak memberikan kado yang memberikan kesan bahwa itu murah atau seems you didn’t put a lot of effort. Jadi berikan sesuatu yang murah tapi terlihat pricey. Buat basket gift. Misalnya beli item-item yang mendukung hobi teman/pacar  kamu, kalau dia suka nonton, beri kado beberapa DVD, popcorn, soda, dll. Kalau dia suka ke salon, berikan kado handuk, lulur, lilin aromatherapy, dll. Lalu masukkan kedalam keranjang atau kotak. Misalnya pacar kamu suka masak, kasih seperangkat alat sholat alat dapur. Hehehhee. Kan banyak tuh, cetakan kue lucu, pengaduk telur, atau yang lainnya.

Selanjutnya adalah menentukan tipe kado apa yang diinginkan. Ingin kado yang useful atau personalize atau surprise gift. Jadi tentukan sebelumnya. Misalnya jika ingin sesuatu yang berguna tentunya kamu harus tahu apa yang dibutuhkan oleh teman kamu. Ketahui hobinya, kesukaannya, dll. Kalau tidak begitu dekat bisa ditanyakan lebih dahulu atau juga bisa dengan menebak. Pengalaman saya dulu, sewaktu SMA, saya diundang ke pesta ultah oleh teman yang tidak begitu dekat. Saya juga bingung mau memberi apa. Akhirnya, karena kita sama-sama masih pelajar, kita butuh alat tulis kan? Jadi saya membeli pencil case lalu saya isi dengan pensil, bullpen, penggaris, penghapus, tipex, jangka, busur, dll. Pokoknya alat tulis lengkap. In the other day, she said she like my presents. Hehehe. Meskipun budgetnya tidak besar tapi senang sekali kalau dia suka.  
Personalize gift itu pesan sayang dan cintanya lebih mudah dirasakan. Hehehe. Kalau ingin meninggalkan warmth impression pada penerima, silahkan memberi kado seperti itu. Misalnya kamu ingin memberikan buku yang berisi ucapan selamat ulang tahun beserta do’anya dari 100 orang yang dikenal oleh pacar kamu. Hahahaha. Jadi personalize gift itu lebih membutuhkan tenaga dan perasaan, makanya kado seperti ini tidak hanya berupa barang namun secara implicit membungkuskan cinta didalamnya. Jiahhhh. Bahkan elemen suprisenya juga terasa.
Cara memberi surprise gift adalah dengan merencanakannya jauh-jauh hari. Jadi kamu bisa tanyakan, barang apa yang teman kamu inginkan. Simple. Lalu kamu kasih deh barang itu pas ulangtahunnya. Waktu kuliah, saya pernah bilang, kalau saya pengen punya kacamata macam harry potter gitu. Waktu itu saya nganter temen beli kacamata juga (jadi inget, summer style!). eh pas saya ultah saya dikasih kacamata Harry Potter. Huaaahhh seneng banget! By the  way, trimakasih Wifka dan Sofi. 


Semoga bermanfaat!

Comments

Popular Posts