Tips Hemat Berbelanja Bulanan

Ditengah keadaan financial yang tidak menentu seperti sekarang. Hehehehe. Saya selalu punya cara untuk menghemat belanja bulanan. Beberapa trik dan adjustment diberbagai sisi selalu saya lakukan, biar bisa ‘hidup’ sampai bulan selanjutnya. Karena saya masih single, jadi belanja bulanan saya gak seribet wanita yang sudah berkeluarga. Here we go, Ini adalah tujuh tips hemat saya : 

Yang pertama, buat daftar belanja. Ini berguna sekali buat saya dan saya yakin untuk semua orang. Daftar belanja bukan hanya sebagai pengingat barang apa saja yang harus dimasukkan kedalam keranjang belanjaan. Namun juga sebagai pembatas bahwa hanya barang-barang yang kita tulis didalamnyalah yang harus kita beli. Maka penting, ketika dirumah kita recheck kembali apa saja yang kita butuhkan biar ga ada yang kelupaan. Ketika kita tidak membawa catatan daftar belanja, kita cenderung kalap. Saat melihat satu item yang lucu, kita pasti akan menanyakan pada diri kita apakah kita butuh barang itu. Dan saya yakin 90% bahwa kita akan mencari alasan agar kita butuh barang itu. Wkwkwkwkwk. Atau paling tidak setelah dilemma beberapa menit, kita akan berakhir mengambilnya dari rak dan memasukkan kekeranjang.



Kedua adalah dengan memilih supermarket yang tepat (baca: lebih murah) dan banyak promo menarik. Hehehhee. Akan banyak rupiah yang bisa dihemat loh. Jadi coba bandingkan dibeberapa supermarket, mana yang memberikan penawaran menarik. Everybody loves discount. Tapi jangan mudah pula tergoda paket promo yah, biasanya ada yang menawarkan promo beli dua gratis satu atau macem-macemlah. Pikirkan baik-baik, apakah dengan membeli tiga barang dengan harga lebih murah tidak akan berpengaruh pada ekonomi kita satu bulan kedepan. Hehehe. Memang terlihat sangat irit dan pelit. Tapi ini sangat membantu untuk kehidupan saya. Hehehhee.

Banyak orang yang loyal pada satu merk tertentu atau termakan iklan yang ada di televisi. Padahal ketika kita beli barang dengan merek dari supermarket tersebut harganya lebih murah loh. Saya biasanya selalu membeli tissue merk supermarket dengan kualitas (yang menurut saya) sama dengan tissue merk terkenal lainnya. dan harganya lebih murah, kecuali ada potongan harga dimerk yang lain. Teteup! Kita harus jeli melihat perbandingan harga. Saya pernah mengganti tissue dengan yang jauh lebih murah dengan mempertimbangkan berapa lembar lapisannya dan berapa isi didalam satu kotak. Jangan remehkan, karena nanti kita bisa berakhir membeli barang yang harganya justru lebih mahal.

Yang keempat adalah dengan menghindari belanja di tanggal anda gajian. Ada dua alasan kenapa belanja tanggal itu haram hukumnya. Yang pertama adalah ketika dompet sedang tebal, guard kita belanja akan lebih kendor karena rasa aman dan perasaan masih akan ada sisa bila kita membeli barang A dan B. lalu tergoda membeli barang C. Belanja ditanggal gajian misalnya tanggal muda, akan membuat kita terjebak antrian kasir dan membuat kita capek dan akhirnya kita memutuskan membeli minum dan akhirnya kita lapar dan akhirnya setelah selesai membayar dikasir, anda mampir ke restoran. Ding ding ding. Pengeluaran tanpa perencanaan! Big NO NO. it doesn’t mean kita ga boleh makan diluar. Boleh saja asal sesuai budget.

Kelimaaaaa, masih ada hubungannya dengan poin empat. Makanlah sebelum belanja. Saya dulu selalu belanja dan makan diluar. Tapi, sekarang dengan keadaan yang berbeda mengharuskan saya berhemat. Jadi makan dulu dirumah lalu berangkat belanja. Benar-benar membantu sekali. Paling Cuma beli minum di supermarket selama belanja. Perut lapar membuat kita tidak sabar. Jadi besar kemungkinan kita akan meminimalkan pertimbangan-pertimbangan yang harusnya kita lakukan agar acara belanja cepat selesai.
Yang keenam adalah dengan memperhatikan kasir saat menghitung. Perhatikan setiap harga yang muncul dan ingat-ingat lagi harga yang ada dirak display. Saya pernah hampir membayar satu set barang yang isinya tiga kotak namun karena kasirnya tidak teliti dan mengkalikan harga satu set dengan jumlah kotak. Huff. Untung saja adik saya sadar, jadi saya tidak perlu membayar hal yang tidak perlu. Pernah pula saya membayar tissue yang sedang promo dan dimesin kasir, harga yang tercantum masih harga regular.

Yang terakhir adalah ketika benar-benar ada barang yang lupa dibeli dan mengharuskan kita ke supermarket atau minimarket terdekat jangan membawa keranjang belanja. Keranjang belanja adalah cara mempermudah konsumen untuk membawa belanjaan namun juga men-trigger konsumen untuk memasukkan lebih banyak barang belanjaan disana. Tolak pramuniaga yang menawarkan keranjang belanja pada anda. Hehehe.

Semoga tips ini berguna. Oh iya, jangan lupa tuliskan tips hemat belanja kamu. Siapa tahu bisa berguna untuk saya. Hehehe. Selamat belanja.

Comments

Popular Posts