Good Books For A Good Mom (+Teacher)

Beberapa bulan terakhir, I have a job. hahaha. Yeah. bisa dibilang begitu. Pekerjaan saya ini ada hubungannya dengan anak-anak dan pendidikan. Mama saya memang bekerja sebagai guru TK, jadi saya dapat pekerjaan ini memang karena orang tua.


Karena pekerjaan ini adalah pekerjaan yang completely new bagi saya. Jadi saya harus membaca dulu beberapa literatur mengenai pendidikan anak usia dini dan banyak hal yang berhubungan dengan itu. Dan Baaaaannnnnyakkkkk sekali hal baru yang bisa saya ambil.

Dari dulu memang saya suka membaca, mulai dari karya sastra seperti NH Dini (Favorit Saya!!!), novel remaja, buku pengembangan diri dan sebagainya. Hanya saja hobi saya ini sudah berkurang karena perkuliahan dan sebagainya dan sebagainya.

Nah, saya melihat bahwa setiap orang tua pasti mengharapkan pendidikan yang terbaik, dilayani dengan pelayanan terbaik, diberikan barang-barang terbaik. Pokoknya yang terbaik. Kalau masalah pendidikan memang kita harus memberikan yang terbaik. Namun umunya sekolah yang berkualitas tinggi harganya selangit, sedangkan daya beli masyarakat tidak mumpuni. Jadi, saya sarankan untuk para orang tua untuk membekali dirinya dengan pengetahuan-pengetahuan dasar tentang perkembangan anak dan pendidikan anak. Biar anak kita kelak tidak salah didik atau kita tidak sepenuhnya menyerahkan pendidikan anak pada guru di sekolah dan suster di rumah. Betapa bahagianya seorang wanita yang bisa mendidik, membesarkan, mendampingi anaknya hingga dewasa kelak.


buku pertama, Perkembangan Anak oleh Elizabeth B. Hurlock, isinya menarik sekali karena mengupas mengenai perkembangan anak seperti bagaimana mengembangkan nilai kreativitas, minat dan moral. Yang paling penting adalah mengenai perkembangan peran seks, jadi dijelaskan mengenai stereotip seks. Istilahnya pendidikan seks sejak dini, bahasa gampangnya.

buku kedua, Pendidikan Anak Usia Dini oleh Carol Seefeldt and Barbara A. Wasik, buku ini mengajarkan tentang bagaimana mendidik anak diberbagai bidang, seperti matematika dasar, musik dan gerak, fisika dan ilmu lainnya. ini buku favorit saya. di bab matematika, kita diajarkan untuk memberikan motivasi a.k.a pancingan pada anak untuk mengenal konsep bilangan. bahwa konsep angka 'satu' merujuk pada simbol '1' dan seterusnya.

buku ketiga, ini buku bisa dibaca juga oleh remaja, karena buku ini menjelaskan tentang macam-macam kecerdasan dan bagaimana mengasah kecerdasan itu. kecerdasan tidak hanay ditentukan dari kemampuan berbahasa dan kemahiran dalam bidang matematis tapi banyak juga kecerdasan-kecerdasan lainnya. buku ini berjudul You're Smarter Than You Think oleh Thomas Armstrong.

buku keempat yaitu buku tentang prosedur-prosedur bagaimana bermain dengan anak sekaligus mengasah kecerdasan mereka. Judulnya 112 Permainan Kreatif Untuk Memotivasi Anak oleh Agus Supriyo. Mirip-mirip dengan permainan kita kalau kita ikut outbound.

Masih banyak buku-buku bagus yang bisa kita baca untuk memaksimalkan kita menjadi orang tua. Hihihhi saya hanya menyarankan saja, semoga bermanfaat.

Comments

Popular Posts