anjing harder menggonggong....so what?

banyak hal yang kita sadari tidak mungkin terjadi justru terjadi pada kita....

aku jelas tidak tahu kalau garis hidupku akan seperti ini...lengkap dengan jatuh bangun yang sakit minta ampun...

kerja keras tak terhingga aku lakukan hanya dengan tekad mengumpulkan uang untuk membantu keluarga....

setelah sekian banyak kertas folio dan tinta hitam bolpoin terkirim ke tempat yang menyediakan lowongan. akhirnya, aku dengan koneksi, masuk dan diterima kerja di perusahaan garmen. jangan bayangkan garmen dengan sesuatu yang necis. garmen itu bahasa kerennya konveksi.....dan sekali lagi jangan bayangkan aku akan duduk di depan komputer atau di bagian kantor. aku ditempatkan di bagian produksi, jangan dilihat dari namanya yang keren padahal aslinya ya...buruh!!!!

setelah mengetahui kalau aku diterima di perusahaan itu, aku datang.....pertama aku dan semua orang yang ada disana di suruh berbaris lalu digiring ke gedung yang letaknya paling belakang....disana dibagi menjadi dua bagian. masing-masing bagian menentukan shift kerja yang dimulai HARI ITU JUGA!!!!!

aku masuk di shift malam....

mau tau aku kerja apa?
aku menyetrika kaos yang nantinya bakal dieksport.
warnanya putih dan ukurannya besar banget!!!!disana disuruh menyetrika sekaligus membentuk ukuran kerah baju berdasarkan ukuran.....lipatan dalam bekas obras harus lurus....dan bayangkan aku harus menyetrika dengan setrika yang sudah disalurkan hingga bisa mengeluarkan uap dan beratnya bisa bikin tangan pegal.......
selagi menyetrika, jangan harap kaki kita bakal nganggur....kaki kita juga harus menekan semacam pedal yang nantinya akan menyerap uap yang keluar dari setrika....jadi kesimpulannya selama bekerja aku dan pekerja lainnya HARUS BERDIRI!!!!! dengan shift malam dari jam 4 sore sampai jam 12 malam!!!!TENGAH MALAM BUTA!!!!!!

nah, kloter yang masuk berbarengan dengan aku, yang lulus S1 menjadi kontroler yang memeriksa hasil setrikaan....dan jangan tanya, bolak-balik aku kena marah karena ukuran kerah baju yang aku setrika tidak cocok dengan ukuran kaos lewat penggaris yang dipegang kontroler....dan setiap aku selesai menyetrika aku harus menempelkan stiker namaku di bagian punggung atas.....

PENGEN NANGIS!!!!!jam-jam dimana seharusnya semua orang sudah mimpi, aku berdiri dengan keringat dan tetap mencoba bersemangat menyetrika sampai tengah malam buta nanti....hanya bayangan aku bisa membeli sesuatu untuk diberikan pada keluarga menjadi katalisator yang sangat kuat agar terus melakukan ini hingga shift berakhir.....

beberapa bulan kemarin aku melihat video tentang globalisasi yang merupakan kedok negara maju untuk memanfaatkan negara dunia ketiga tentang buruh Nike dan GAP....bagaimana kondisi pabrik dengan shift panjang....dan bayaran tak seberapa....
kondisi pabrik tempat aku bekerja ini memang persis sama di video itu.....SEPANJANG SHIFT BERDIRI!!!!!
PANAS!!!!!TANPA AC!!!!!padahal ratusan orang ada di tempat yang sama!!!!
ada istirahat tapi aku sudah lemas duluan dan nggak nafsu makan.....akhirnya aku hanya makan semangka yang dijual di dekat pabrik....

aku ingat tempatku berdiri dekat sekali dengan jam dinding besar....dan aku berulang kali melihat kesana....

ada kejadian lucu (kalo diingat lagi) tapi juga nyebelin (waktu itu!), aku datang pertama kali untuk bekerja dan sudah jadi santapan kemarahan satpam perempuan yang dari mukanya saja mirip anjing harder!!!!!SUEREM MINTA AMPUN!!!!gara-garanya, aku pakai baju yang lengannya (menurut dia) pendek.....
waktu itu aku berusaha membela diri, toh ujungnya ada karet dan tidak akan memajang ketiakku gratis!!!!toh disana juga nggak ada cowok!!!!
AKU PENGEN NANGIS!!!!takut.....tapi aku mencoba untuk tidak mengubrisnya....
anjing harder menggonggong....aku berlalu.....

pulang jam 12 malam memang menakutkan tapi di pabrik itu sudah ada fasilitas antar yang tersebar diseluruh bagian kota.....setelah sampai rumah, aku memutuskan untuk TIDAK KEMBALI!!!!! capek! susah! makan ati! dan nggak berperikemanusiaan!!!!!

upah buruh yang aku dapat dari bekerja satu hari itu adalah Rp 20.000 !!!!!

Comments

  1. yaa.....
    i see


    but life is really about choice, so hope your choice is always best for you, your fam an everyone


    ok
    keep survive

    ReplyDelete
  2. Yup!
    Keep survive boleh lah tak interpretasikan teguh. Itu bagian dari siaft2Nya yang dititiskan ke kita.

    Umur Carik'e 29. Kesimpulan selam 29 tahun ini, Carik'e hanya hidup dalam 2 hari. Hari baik dan Kurang Baik. Dua2nya kepercayaanNya karena 22nya cobaan. Tetap ingatkah kita padaNya saat hari baik-Tetap ingatkah kita padaNya saat hari kurang baik. Selanjutnya adalah pilihan. Mau makin baik setelah hari baik atau milih sebaliknya? Mau makin sulit setelah hari kurang baik atau sebaliknya? Setelah itu bukan lagi semata-mata soal kepercayaan atau amanat atau cobaan. Kalau setelahnya hari kita baik, means pilihan kita tepat. Kalau sebaliknya, pilihan kita tidak tepat.

    Sukses,
    Carik'e.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts