Ramadhan Series : Tips Berpuasa Ala Nita

Hehehe. Ramadhan telah datang dan sudah hampir seminggu kita berpuasa. Saya ingin sharing saja bagaimana saya menghadapi puasa agar sukses dilewati sampai bedug maghrib sampai nanti bertemu dengan 1 syawal. Banyak ritual yang saya lakukan untuk menjaga kelancaran berpuasa. Di satu hari kita bisa merasa sangat lemesssss dan di satu hari lain kita bisa bersemangat. Nah biar tetap stabil, saya punya beberapa cara yakni :

Yang pertama adalah niat. Bukan asal niat. Tapi niat yang bener-bener niat. Bukan cuma lempeng menerima dan melakukan amalan ini. Jadi kesannya terpaksa. Jadi lakukan dengan keikhlasan dan meniatkan ingin mencari ridho Allah. Insya Allah akan diberi kelancaran. Amin.

Yang kedua. Mungkin ini yang disarankan oleh sebagian besar orang yaitu minum air putih secukupnya. Ini bener juga loh. Banyak-banyak minum air putih ketika sahur. Ini beneran loh. Rasanya beda banget ketika kita banyak minum air dan tidak.

Yang ketiga adalah minum teh manis saat sahur. Ini juga berasa banget bedanya. Karena kandungan gula yang kita minum bisa menjadi cadangan energy untuk aktivitas di pagi dan siang hari. Pernah satu waktu saya minum teh manis dan besoknya ga minum, sangat terasa bedanya. Badan jadi lemes.

Yang keempat adalah minum vitamin C saat sahur. Ini untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh. Biasanya saya minum vitamin C beberapa menit setelah makan sahur. Saya belum pernah coba minum energy drink dengan oksigen, ion dan sebagainya sih.

Yang kelima adalah minum vitamin E. Kalau ini sih untuk kondisi kulit kita yang pastinya akan keringgggg karena kekurangan cairan pula. Hehehe. Kalau tidak sedang pikun, saya minum vit E saat sahur dan sebelum tidur. Kalau sedang pikun, yah diantara dua waktu itu.

Yang keenam adalah gunakan sesering mungkin moisturizer dan lotion ke tubuh. Puasa membuat kulit kita super duper kering, jadi saya biasa mengoleskan lotion ke kaki dan tangan. Saya tidak berani pake lipbalm soalnya takut kejilat ajah. Hehehe.

Yang ketujuh, mungkin ini sepele tapi sangat berpengaruh pada kelancaran puasa kita yaitu pasta gigi. Yup! Untuk menjaga kesempurnaan berpuasa, saya selalu gosok gigi beberapa menit setelah makan sahur. Saya pernah memakai pasta gigi tertentu, dan sepanjang hari itu mulut saya terasa kering dan tidak nyaman. Lalu saya ganti pasta gigi paling oke, menurut saya, dan sepanjang hari mulut gak kering dan nyamannnnn sekali. Selain ngilangin sisa makanan yang masih ada, menyikat gigi sekaligus membuat mulut tidak bau-bau banget lah selama berpuasa.

Yang kedelapan, berbuka dengan air putih lalu dilanjutkan dengan minum jus buah. Kalau saya lebih suka minum jus stroberi. Dan saya tidak suka dengan berbuka dengan yang manis-manis. Terkadang malah jadi pusing. Hahaha. Aneh! 

Yang kesembilan, makan sahur dan berbuka usahakan dengan makanan yang berkuah. Seperti lodeh, hehehe. Itu sahur saya tadi malem. Dan berbukalah setelah sholat maghrib. Kalau langsung makan, pasti perut saya bakalan sakit.  

Selamat Berpuasaaaaa.

Comments

Popular Posts