Job fair? Gear Up Baby!

Entah berapa kali saya mengikuti jobfair. Saya lupa pastinya. Saya akan membreakdown pengalaman saya mengikuti jobfair dan tips mengikuti jobfair. Hal yang harus diperhatikan saat mengikuti jobfair adalah :

  • Ketahui lokasi jobfair dan jalan menuju kesana. Ini penting ketika kita mengikuti jobfair di universitas lain atau kota lain.
  • Pastikan kamu sudah mendapat tiket masuk. tiket masuk ini sangat beragam. Dari yang saya pernah ikuti antara 10.000 – 25.000 sehari. Dan pastikan juga bahwa tiket bisa dibeli di lokasi. Ada beberapa jobfair yang harus membeli terlebih dulu. Biasanya jobfair dilaksanakan paling lama tiga hari, dan biasanya juga kita mau tidak mau harus datang tiga hari itu untuk keperluan tes atau wawancara. Jadi tinggal dikalikan saja tiket masuk dan jumlah hari.
  • Ketahui perusahaan yang mengikuti jobfair agar kita punya bayangan perusahaan mana saja yang ingin kamu lamar.
  • Siapkan lima atau tujuh bendel lamaran lengkap (CV, copy diploma, copy transcript, copy KTP, foto 4x6, copy sertifikat secukupnya). Jumlahnya tergantung kebutuhan sih. Kalau saya biasanya bawa segitu. Nah itulah pentingnya mengetahui perusahaan yang ada dijobfair tersebut.
  • Bagaimana dengan pakaian? Tidak perlu memakai high heels, kemeja dan celana kain. Menurut saya tidak perlu berpakaian terlalu formal. Karena menurut pengalaman saya, hari pertama jobfair adalah hari dimana kita berkeliling area jobfair untuk melihat setiap booth perusahaan dan dimana kita memutuskan untuk apply atau tidak. jadi kita butuh baju yang nyaman kan??. Biasanya interview atau tahapan selanjutnya dilakukan keesokkan hari atau beberapa hari setelahnya.
  • Selain membawa peralatan tulis lengkap dan lem. Siapkan juga roti dan air minum.
Lalu kalau sudah berada di lokasi dan masuk ke gedung tempat jobfair, what should I do??

  • Berkelilinglah ke seluruh area job fair.
  • Pastikan kamu membaca setiap lowongan yang disediakan serta persyaratannya. Mintalah brosur pada petugas di tiap booth. Kita boleh kok menanyakan misalnya, jobdesk pekerjaan tertentu atau area penempatan, dll. Asal jangan kebanyakan!
  • Kalau sudah mantap untuk apply, minta formulir pendaftaran. Ada yang bisa langsung drop CV namun ada juga yang kita harus isi form lagi.
  • Setelah berkeliling dan melihat semua booth, cari tempat duduk yang nyaman dan siapkan bendel lamaran dan isi form sesuai ketentuan.
  • Kumpulkan CV/formulir ke booth perusahaan yang diinginkan. Jangan lupa tanyakan, kapan tahapan selanjutnya semisal kita lolos. Jadi kita bisa mempersiapkan diri. atau tanyakan, kapan pengumuman yang lolos seleksi administrasi. Biasanya pengumuman itu diumumkan siang hari, jadi jangan pulang dulu dan keluar dari area jobfair.
  • Kalau kita lolos, usahakan agar kita mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang tes atau wawancara perusahaan tersebut. Bahkan dari orang yang sudah pernah mengikuti. Pelajari seluk beluk perusahaan secara garis besar. Misalkan kita apply di bank syariah, pelajari tentang asas perbankan syariah dan lain sebainya.
Semoga berguna. Saya menulis ini terinspirasi adik kos saya yang baru ikut jobfair dan ingin mendapat pencerahan. Hehehehe.

Comments

Popular Posts