Good Books : Belajar Bahasa Korea

Hallyu akan menjadi sebuah hal yang sia-sia dan merugikan kita secara psikologis apabila kita hanya berhenti pada bagaimana cara mencintai dan memuja idola kita. Bisa-bisa kita kena penyakit psikologis yang bernama Celebrity Worship Syndrom dimana kamu terlalu mengidolakan seseorang dan bisa dibilang sudah terobsesi. Hati-hati yah. Lebih baik mentransformasikan celeb crush kita menjadi sebuah cara untuk belajar bahasa baru.

Saya belajar bahasa korea tahun 2007-2008 dan kembali mempelajari di akhir tahun 2011 kemarin. Duluuuu, susah mencari buku untuk belajar bahasa korea namun seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya orang yang terkena hallyu, semakin mudah pula mencari infomasi mengenai cara belajar bahasa korea.

Saya punya cukup banyak buku mengenai cara belajar bahasa korea tapi ada beberapa yang akhirnya saya sesali kenapa harus beli buku tersebut. Mencari kamus bahasa korea juga susahnya minta ampun. Susahnya karena saya mencari yang ditulis dalam huruf hangul. Kalau yang ditulis dalam huruf latin biasa terkadang susah mengerti bagaimana pengucapan yang tepat. Ini adalah beberapa buku dan kamus bahasa korea yang saya yakin berguna dan sesuai dengan kebutuhan kita. Sejujurnya saya tidak suka dengan buku yang berjudul “Satu jam Mahir..” atau “24 jam Lancar berbahasa…” atau sejenisnya.  Belajar bahasa kan tidak seinstant itu kecuali bagi orang yang butuh buku itu untuk tujuan berlibur ke daerah tersebut. Namun jika kita berkunjung ke daerah tersebut dalam jangka waktu pendek dan tidak berniat mempelajarinya secara serius, saya sarankan mencari video di youtube mengenai bahasa sehari-hari yang biasa digunakan di daerah tersebut. Video itu lebih lengkap dengan cara pelafalannya dan lebih hemat tentunya.

yang pertama adalah kamus saku korea-indonesia karangan Usmi. Kamus ini sangat jelas karena diurutkan berdasarkan huruf korea (hangul), banyak kamus korea lain yang diurutkan berdasarkan pengucapan dari huruf latin. kamus saku ini murah dan lengkap. saya rasa cukup untuk permulaan bagi siapa saja ingin mempelajari bahasa korea secara serius.

Buku ini berjudul Washington dicetak oleh Montessori Korea Co, buku cerita anak-anak mengenai sejarah negara-negara. Buku ini ditulis full dengan huruf hangul. Buku ini cocok untuk menjadi buku awal untuk mempelajari bahasa korea. Tapi sebelum mencoba membaca dan memahami buku ini, sebelumnya kita harus membaca buku ketiga yakni Tiga Langkah Menguasai Bahasa Korea karangan Usmi.
Buku ini buku paling ideal untuk belajar korea mulai dari 0 hingga mahir. Pengucapan, imbuhan, tata kalimat dan sebagainya ditulis lengkap dan sistematis. Saya belajar bahasa Korea selain dengan buku teks dari tempat les, saya juga menggunakan buku dan kamus ini. 
Semoga bergunaaaaaa...

Comments

  1. kamusnya Usmi itu jadi buku suciku lhoo mbak hahaha :))

    yang Washington itu ada di toko buku mana mbak? gramedia? lagi nyari novel ato bacaan yang full hangul nih :)

    ReplyDelete
  2. hehehehe
    klo yg washington itu beli di Blauran.. 10rb saja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blauran sebelah mana,mbak?Perasaan ngga ada toko buku di blauran

      Delete
  3. Mba apa boleh saya bertanya ? apa mba tau dimana toko buku yang menjual buku-buku dan novel yang full menggunakan huruf hangeul ? karena di jakarta saya belum bisa menemukan toko bukunya. Yang saya tahu hanya di perpustakaan pusat kebudayaan korea di Jkt, terimakasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts