It's All About MOVE ON

Dulu ketika saya belum move on, laki-laki menarik hanya laki-laki berkacamata dan sipit tapi sekarang berubah sekali. Saya mencintai orang yang sama lebih dari lima tahun sejak SMA hingga kuliah. Namun saya dengan bangga bilang bahwa saya sudah berhasil move on sekarang. Bicara soal move on, saya tidak pernah bilang ini mudah dan mustahil tidak mungkin dilakukan. Istilah jaman sekarang untuk orang-orang yang masih mikirin mantan dan terbayang-bayang masa lalu adalah galau. Hahaha. Bener ga sih?

Kalau menurut saya, move on it's not simply how we can forget someone. Dan ini yang bagi saya tidak mungkin dilakukan oleh seseorang. Bagaimana mungkin kita melupakan orang yang menjadi bagian sejarah perjalanan hidup kita? Yang jelas, bagi saya, move on adalah bagaimana kita dealing with our feeling, how we can enjoy life without feeling miserable and bother with feeling sorry for yourself.


I do not say that my love story is the most heartbreaking. Hahaha. Saya memang mencintai orang yang sama dalam waktu yang lama dan belum tersampaikan hingga sekarang. Tapi saya tidak pernah menyesali kejadian ini. Indikator saya ketika saya belum move on adalah mencari tipe pacar yang hampir sama dengan mantan/orang dari masa lalu. Beberapa kali bertemu dengan potential guy dan saya hanya punya konsep di otak bahwa laki-laki yang saya sukai adalah laki-laki berkacamata dan bermata sipit. Fase ini saya lalui sekitar satu atau dua tahunan. I just have eyes for that type of guy. Agak susah dan lama memang, tapi bagaimana lagi.

Move on adalah sebuah gabungan konsep pikiran dan perasaan. Ciahhh. Terkadang move on dirasa sangat sulit karena kita sendiri yang tidak mau melepaskan diri sendiri dari masa lalu. Kita selalu mencoba menghubungkan sesuatu hal pada mantan kita apapun itu. Sambil berharap hal itu sebagai salah satu pertanda dari Tuhan. Hayooo ngaku? Please stop it. saya juga melalui fase itu. Hahahaha. Pada fase ini silahkan menggunakan otak dan logika sebanyak mungkin. Buka hati seluas-luasnya pada siapapun yang datang.

Cara move on paling ampuh adalah mencari cinta lain. Seriously? MENCARI? Saya rasa mencari dalam artian kita menyibukkan diri dengan hal-hal baru. Berteman dengan teman-teman baru. Bergabung dengan kegiatan-kegiatan yang belum pernah kita coba sebelumnya. Istilahnya, memperluas jaringan sosial dan menyebar jala. Tapi sekali lagi, selama fase mencoba hal baru ini, kita tidak boleh mengingat-ingat hal-hal yang sudah berlalu. Ingat paragraph di atas, bahwa Move on is a combination of mind and feelings concepts. Sekedar tips saja, kalau dulu saya selalu menerapkan satu prinsip bahwa diri saya yang punya kuasa penuh atas keadaan hati dan pikiran tanpa dipengaruhi faktor dari luar. Kalau saya bahagia adalah karena SAYA memang ingin bahagia. Saya ingin move on karena SAYA ingin move on.

Saya akhirnya menemukan seseorang yang saya rasa menarik. Jadi saya mulai melakukan banyak komunikasi dengannya. Tapi sebenarnya sekali lagi, bahwa kita menjadi tertarik pada seseorang adalah karena orang itu memperlakukan kita berbeda. Kita tidak mungkin tertarik pada cowok yang mencoba melucu tapi jokes-nya sudah pernah kita dengar sebelumnya. Garing! Inilah pentingnya hal baru, teman baru dan kegiatan baru (dalam artian positif). Kita akan bertemu dengan orang yang prinsip hidupnya berbeda, cara memandang dunia dengan berbeda, dan mereka orang-orang dari masa depan atau mungkin orang dari masa lalu kita. Siapa tahu juga temen kita SD atau SMP berubah jadi keren. Haahhahha. Oh iya, bukan berarti saya menyarankan untuk menjadi genit.

Beberapa teman yang curhat pada saya sering sekali mengeluh susah melupakan mantan dan cinta lama. Arghhh. Kadang setelah saya jelaskan mengenai konsep pikiran dan perasaan, tetap saja ngeyel dengan segala macam alasan. Lalu ujung-ujungnya membandingkan dengan kisah cinta saya yang tidak ada apa-apanya. Saya sering jengkel soal itu. Itu artinya teman saya tadi memang tidak ingin move on. Dan saya males ngasih saran lebih lanjut kalau dia tidak mau menolong dirinya sendiri.

Jadi buat teman-teman yang ingin move on dan curhat pada orang lain, silahkan menerima saran yang diberikan tanpa harus ngeyel yah. biarpun kamu curhat ke Mario Teguh atau motivator lain, tapi kalau kamu tidak mau menolong dirimu sendiri, yah tidak akan ada efeknya. Sehebat apapun saran tidak akan berguna bagi orang yang sudah menutup hati dan pikirannya.

Open your heart, open your mind and be your self. Klise tapi ini nyata.

Comments

  1. uda ngrasa move on drdl, tp klo tiap nggosip sm tmen trus sebel gara" inget lagi ksalahan mantan itu artinya uda move on apa blm??

    -ratu cabe-

    ReplyDelete
  2. kalau msh ngerasa sebel sesekali wktu, saya rasa itu wajar yah dan sngt manusiawi. ibaratnya kertas yang udah sobek terus di lem. kita msh bs pakai dan bs nulis diatasnya. tp ttp akan ada bekas sobekan disana.
    yg pnting bgaimana cara qta memandang bekas sobekan itu menjadi sebuah pelajaran atau justru jd cara mengasihani diri.
    klo kmu sdh merasa bs move on,bekas sobekan sprti apapun akan jd pelajaran berharga buat hidup kedepannya.

    ReplyDelete
  3. I already found another love hihihi..my beloved Brassice chinensis
    Move on move on..yo yo yo \(^0^*)/
    Patah hati bkn penyakit yg menyebabkan risiko kematian tinggi di dunia, tp pling tinggi menjangkit manusia #asalasalan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts