Melebihkan Investasi

Investasi selalu berhubungan dengan rumah, tanah, emas, saham dan lain-lain. Namun investasi harusnya (menurut saya yang bukan orang ekonomi) adalah ketika suatu barang menghasilkan dan membawa manfaat dan memberikan nilai tambah pada pemiliknya. Bukan hanya memberikan keuntungan dalam bentuk uang atau materi berlimpah namun juga rasa nyaman dan life span yang panjang. karena life span yang panjang maka akan mengurangi pengeluaran di sektor yang sama. bahasa gampangnya : awet!

Saya pernah membaca bahwa orang-orang lebih banyak meninvestasikan uang pada barang seperti gadget, baju dan sepatu. Namun tidak banyak orang yang melebihkan investasi mereka pada kualitas otak dan pengetahuan. Padahal penting sekali punya budget khusus untuk membeli buku atau majalah yang berbobot semisal National Geographic. Ini yang diterapkan oleh adik saya, yaitu membeli lebih banyak buku dan NatGeo daripada membeli baju.

Tidak salah kok menginvestasikan sesuatu pada hal yang kita sukai. Misalnya ada orang yang memiliki hobi mengumpulkan make up, tas branded, sepatu dan sebagainya. Hanya saja terkadang lupa bila kadarnya sudah berlebihan bisa menjadi lebih dari sekedar hobi melainkan obsesi dan bisa-bisa  mempengaruhi kondisi kejiwaan. Seremmm.

Pernah suatu ketika saya melihat acara televise mengenai inspirasi membangun rumah dan salah satu arsiteknya bilang kalau kita harus melebihkan investasi pada dua hal yakni keran air dan gagang pintu. Benar juga, karena dua barang itu yang paling sering digunakan dan penting keberadaannya. Lalu saya berpikir mengenai barang-barang yang harusnya kita lebihkan investasinya dengan catatan tidak memaksakan untuk bisa membeli barang yang harganya diluar jangkauan. Untuk kondisi ekonomi seperti saya yang menengah kebawah, saya rasa barang-barang ini yang harusnya kita lebihkan investasinya for the sake of penghematan hihihihi :

Jaket atau outwear. Beli jaket yang kualitasnya bagus. Karena jaket akan digunakan pada semua kondisi, baik dingin maupun panas, baik siang maupun malam. Karena kita hidup di daerah tropis, saya rasa cukuplah dengan jaket yang tidak terlalu tebal. Atau kalau ingin hemat, beli saja jaket bekas yang kondisinya masih bagus.

Helm atau helmet. Hahaha. Ini untuk yang sering bepergian mengendarai motor. Paling tidak helm yang kita pilih cukup aman untuk melindungi kepala dari debu, angin dan benturan keras. Kita gak bakal main-main kan kalau untuk urusan kepala.

Tas ransel. Saya selalu berpikir untuk memiliki tas ransel yang bisa dipakai untuk ke sekolah dan bepergian. Jadi penting untuk membeli tas ransel yang sedikit mahal namun awet dan tahan lama.

Sepatu. Belilah sepatu yang sudah terjamin kualitasnya dan mudah memadupadankannya. Misalnya sepatu converse. Saya punya sepatu converse ini dari jaman masuk kuliah pertama kali dan sampai sekarang masih bagus. selain santai dan enak dipakai, sepatu pilihan kita harus bisa dipakai. Hampir semua kondisi. Kecuali pesta pernikahan. Hahahaha. Kita gak mungkin kan pakai converse ke acara pernikahan? Kalau cowok, masih mungkin lah pake sepatu ini ke resepsi pernikahan.

Saya rasa empat barang itu yang harus kita beli dengan harga yang lebih tinggi dari biasanya. Barang-barang ini akan tidak sama tiap individu karena kebutuhan dan keadaan ekonomi yang berbeda-beda. 

Terima kasih sudah membaca tulisan saya.

Comments

Popular Posts