SOS Day 19 : Get Ready For Wisuda!!

Bulan depan, adik saya wisuda. Cepet banget rasanya. Yah saya juga ikut bantuin nyiapin beberapa keperluan sih. Kalau saya dulu, berhubung juga sudah kerja dan harus mengurus ijin cuti beberapa hari untuk mengurus segalanya. Jadi bisa saya bilang kalau wisuda saya tidak berjalan sempurna. Huff. Biasaaaaaaa anak pertama, jadi percobaan dan jadi pembelajaran/masukan untuk anak kedua. Beberapa hal yang harus disiapkan untuk hari H wisuda adalah :

Pengurusan administrasi dan pembayaran. Karena wisuda itu istilahnya perceraian kita dengan universitas tempat kita menimba ilmu, jadi pengurusan administrasi sebisa mungkin dilakukan dengan teliti dan sabar. Kalau posisinya seperti saya dulu, saya sudah bekerja jadi minta tolong temen buat ngurusin beberapa dokumen. Intinya sih cari info sedetail mungkin, misalnya tentang jadwal yudisium, jadwal pengambilan toga, jadwal pengambilan undangan dan sebagainya. Jangan males nanya intinya. Oh iya terus update informasi misalnya dari website, karena dari pengalaman adik saya baru-baru ini, jadwal wisudanya mundur dua kali, jadi harus terus update yah.

The look. Pastinya kita harus sudah punya kebaya dong! Hehehe. Tapi ada juga peraturan universitas yang memperbolehkan mahasiswanya memakai baju hitam putih. Yang harus disiapkan adalah kebaya. Baik kita bikin dipenjahit atau menyewa di tempat penyewaan. Biasanya sih tempat penyewaan kebaya sekaligus memberikan paket makeup juga. paling gampang sih dateng ketempatnya dan bertanya perihal sewa-menyewa ini sekaligus lihat portofolio makeup-nya. Menor ga? Bagus ga? Cocok ga untuk wisuda? Sudah berpengalaman ga? Kalau ga berpengalam bisa-bisa kita diberi sanggul besar dan topi toga ga muat di kepala kita. Wkwkwkwkwk. Dan pastikan bahwa si makeup artist (halaaahhhh) bisa dipanggil ke rumah atau kos, jadi kita ga perlu repot-repot bolak-balik kos/rumah dengan full makeup apalagi kalau naik motor. Hahahha. Oh iya jangan lupa juga pastikan kita punya sandal yang cocok buat kebaya. Kalau kebetulan harus beli baru, jangan terlalu mepet dengan hari H. usahakan memakai sandal tersebut di dalam rumah dan segala medan terjal lainnya. haha. Biar kaki kita terbiasa dengan sandal tersebut.

Rent car. Kalau untuk yang sudah punya mobil sih gampang aja. Kalau bagi saya dan keluarga memang harus cari rent car dulu sebelum wisuda. Berhubung ketika wisuda, beberapa anggota keluarga dekat pada pengen ikut karena sekalian rekreasi (hahaha) jadi harus disiapkan dari jauh-jauh hari. Dan estimasi waktu tempuh dari rumah ke kampus/gedung tempat wisuda. Perkirakan juga kemacetan di jalan dan di area kampus. Jangan sampe telat.

Booking hotel. Ini sih untuk yang domisilinya jauh dan tidak mau repot. Usahakan juga booking dari jauh-jauh hari karena menurut pengalaman saya beberapa tahun lalu nganter temen booking hotel. Susah banget cari kamar kosong kalau sudah dekat hari wisuda.

Foto wisuda. Biasanya di luar gedung wisuda selalu ada jasa tukang poto. Tapi ada juga beberapa kampus yang memperbolehkan hanya saja dengan jarak tertentu dari gedung. Jadi kita harus jalan agak jauh sedikiiit. Untuk foto wisuda, saya rasa hampir semua sama saja. Yah dengan background buku-buku. Yah standartlah. Cuma yang perlu diperhatikan adalah ketika kita memilih foto mana yang dicetak dan tidak. takutnya setelah foto dikirim ke rumah, hasilnya ternyata tidak sesuai dan yang lebih apes lagi kalo kita bayar dengan harga lebih ternyata foto yang didapet ga cocok dengan harganya. Hadeuhhh. Kalau pengen aman sih, langsung aja mampir ke studio foto setelah wisuda selesai. Sepertinya sih harus janjian dulu sebelum kita dateng ke studio bawa satu kompi saudara-saudara kita. Hahaha.

Selamat wisuda bagi yang diwisuda dalam waktu dekat. Hehehehe. Selamat menempuh hidup baru yang penuh tantangan.

Comments

Popular Posts